Cara Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa

Berikut kami uraikan tentang bagaimana penggunaan buku guru maupun buku siswa kurikulum 2013. Tentunya masih banyak yang merasa bingung sebenarnya bagaimana cara penggunaan buku guru dan buku siswa tersebut apalagi yang belum pernah mengikuti diklat tentang kurikulum yang terbaru ini.

Buku guru sangat berhubungan dengan buku siswa, karena buku guru memandu pembelajaran yang sesuai dengan buku siswa.

Berikut kami uraikan secara rinci
  1. Bukalah Buku Guru tema tertentu, cermatilah halaman yang berjudul tentang buku guru dan bagaiamana menggunakan buku guru. Ikutilah petunjuk yang ada dalam halaman tersebut.
  2. RPP setiap tema itu dibagi dalam rancangan subtema. Didalam buku guru sudah terdapat pemetaan kompetensi dasar yang bisa anda lihat dan cermati. Disana akan tertera muatan pelajaran yang bisa anda capai pada satu minggu dan minggu berikutnya.
  3. Cermatilah jaringan setiap pembelajaran pemetaan indikator pada buku guru yang memuat KD yang akan dicapai berdasarkan rumusan indikatornya.
  4. Setelah mencermati indikator yang akan dicapai pada setiap pembelajaran cermatilah tujuan pembelajaran yang terdapat di buku guru.
  5. Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang ada pada buku guru.
  6. Hubungkanlah langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada buku guru dengan penjabaran kegiatan yang ada pada buku siswa
  7. Guru dapat memodifikasi rancangan pembelajaran pada buku guru, disesuaikan dengan kondisi kelas.
  8. Pada buku guru juga terdapat media, alat dan seumber belajar yang digunakan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Namun guru juga bisa mengganti atau menambahkan media, alat dan sumber pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas.
  9. Cermatilah halaman remidial dan pengayaan yang terdapat pada buku guru sebagai panduan ketika guru akan melaksanakan kegiatan tersebut.
  10. Didalam buku guru juga terdapat teknik penilaian, guru dapat membuka halaman penilaian sebagai panduan menilai siswa.
 Dalam Buku Guru juga terdapat  

Kompetensi yang Dikembangkan

 

Nah poin ini dimaksudkan bahwa 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan harus ditumbuhkan dan dikembangkan selama pembelajaran berlangsung.

Rangkaian Kegiatan Pembelajaran

 
 Rangkaian kegiatan pembelajaran ini disusun untuk mencapai target yaitu kompetensi pada hari itu, juga untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap, keterampilan dan pemahaman.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran



Didalam buku guru juga terdapat langkah-langkah pembelajaran, hal ini bertujuan untuk membantu guru bagaiamana langkah dan urutannya dalam menyampaikan materi. Dari gambar diatas sebagai contoh langkah pembelajaran yang terdapat pada buku guru. Disana juga terdapat gambar halaman buku siswa yang sedang buka oleh siswa jadi guru tidak usah bingung lagi, langkah-langkah ini pasti berhubungan dengan buku yang sedang siswa buka.


Sekiranya cukup itu saja penjelasan mengenai bagaimana menggunakan buku guru sebagai acuan  pembelajaran.


Semoga bermanfaat,
Salam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan membangun

Jika ingin request silahkan kirim email kami ke: pamungkas281@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel